Wednesday, April 8, 2009

Queen Bee on the elections: Jangan Bikin Malu di Pemilu! :)

WOW! Besok udah tanggal 9 April 2009, yang berarti akan dilaksanakan “Pesta Demokrasi” yang dielu-elukan (sekaligus dimaki-maki) semua orang itu. Udah pernah lihat situs Jangan Bikin Malu (JBM) 2009, belum? Ada beberapa video yang inspiring—komedi satir gitu. I’ll provide one to refresh your day.



Gimana menurut lo? Biarpun gue belum boleh ngevote besok (padahal I want to be a part of history!), ada beberapa hal yang sebenarnya, sedikit menyebalkan—dan mungkin menginspirasi si pembuat JBM. :D
  1. Kenapa partai harus ada sebanyak itu? Think POSITIVE: Banyak orang yang mau membuat “perubahan” dan memajukan Indonesia. Think negative: Segampang itukah membuat partai? Rasanya visi dan misi mereka nggak jauh berbeda. Cuma beda nama, warna, desain logo, dan orang-orang yang ada di dalamnya.
  2. Kenapa mau memilih harus dibikin susah? Tadi habis baca KOMPAS terbitan kemarin dan melihat “Tata Cara Pemungutan Suara”. Kotak suara ada banyak banget: DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kab/Kota. Mau pilih siapa ya? Memang ada banyak poster caleg… tapi yang gue tahu cuma: Nova Riyanti Yusuf (karena baca novelnya), Maylaffayza (karena pernah lihat dia di salah satu konsernya), dan… bapaknya Cynthia Lamusu!
  3. Tadi pagi Riana marah-marah di kelas. Gara-gara, bokapnya menjabat sebagai Ketua TPS di kompleksnya, dan keluarganya sudah tinggal di kompleks itu sejak Riana masih bayi. Riana juga sudah punya KTP, tapi namanya nggak ada di daftar pemilih! Begitu juga nama bokap dan nyokapnya! Padahal, sesuai dengan yang gue baca di KOMPAS: Yang berhak menjadi pemilih Pemilu 2009: WNI yang telah genap berumur 17 tahun atau lebih! Salah di mana ya? Administrasi? Tapi dia kan udah punya KTP. Kata bokapnya, database yang dipakai sama pemerintah setempat adalah database bertahun-tahun lalu. Ironisnya, teman Riana yang tinggal di Amerika bisa menggunakan hak pilihnya. Apakah ini bukti dari perbedaan “budaya kerja” penduduk Indonesia dan penduduk luar Indonesia?
Menurut lo gimana?

Just want to share my thoughts, though. Siapa tau pemerintah baca? :p Tapi, buat kita sebagai remaja, kalo emang punya hak pilih, sudah seharusnya digunakan sebaik-baiknya. Jangan asal pilih partai maupun caleg, juga jangan nggak memilih sama sekali. Karena, golput berarti mengizinkan orang yang menurut lo nggak pantes memimpin negara ini menjadi pemimpin! Seribet (dan semenyebalkan) apapun tata cara Pemilu besok, ayo dukung pemerintah yang berusaha membuat Indonesia semakin maju.

Pemilu ini sedikit banyak akan menentukan masa depan kita. Kalau kita salah pilih pemimpin—yang akhirnya malah membuat “kekacauan”, generasi kita jugalah yang harus “clean his mess up”. Kita yang rugi, kan? Sebaliknya, kalo kita memilih pemimpin yang menurut kita pantas untuk memimpin bangsa ini, sudah pasti Indonesia telah menjadi jauh lebih baik waktu nanti beberapa dari kita “duduk” di kursi pemerintahan.

Jangan lupa cerita pengalaman “nyontreng” di blog masing-masing! I want to know!

PS:
Anyway, di Kamus Besar Bahasa Indonesia, nggak ada yang namanya istilah “CONTRENG”. Yang ada: “CENTANG”. Trus, istilah “contreng” bahasa mana dong? :D Oh ya, selamat nonton Jay Kay cs di Sentul City yaaaa! See you!

♥,
QB

12 comments:

Caroline Robianto said...

well, that's a really nice critique you got there. a good inspiration for the 3rd mission perhaps? hihihi

anyway, thank you for putting me on your fashion forward.. but i'm afraid you mis-spelled my name, it's Caroline Robianto, NOT catherine rubijanto :D hihihi you can put Sour Cherry, instead of my name. it's my blog title. THANK YOU!! :D

Queen Bee said...

@caroline
just stay tuned for the next missions! it will be more interesting, i promise you. oh my god, sorry for the typo, i'll correct it soooon dearest! soooo sorry, Sour Cherry!

Caroline Robianto said...

no problem :D hihi thanks for the correction!!

Greeen Banana's said...

Hello Queen Bee! What an interesting blog. I'm addicted!! (= Love your sense of fashion.

xo,
Sharon Cornelius
http://greeen-bananas.blogspot.com

Dian said...

huaaa...so nice blog nya

want to swtich link?

aisyah sabrina said...

well its so true about the election qb! bahkan ada yg surat suaranya ketuker. kaka gue yang udah 20 taun justru taun ini malah ga bisa milih, padahal waktu 5 taun yang lalu malah dapet kartu pemilih. that's weird..

well im writing about the election too. it's a really nice thought from you.. :D

Arina Nurul Azizah said...

contreng itu bahasa... gaul kali ya, QB? hahaha
kalo "coblos" ada di kamus gag kak?

chi said...

QB,nasib gw jg sama banged tuh sama temen lo yg namanya riana...gw udah 17,dapet ktp,tp ga bisa milih..ktp gw emg baru jadi beberapa hari sebelum pemilu si..rada terlalu mepet mungkin..
katanya nyokap gw si,gw ga bisa milih karena no ktp gw blom tercantum di kartu kluarga(tugasnya klurahan)..mungkin si temen lo itu juga gt kali yaa??tapi y aneh ya bokap sama nyokap nya dy juga ga bisa milih,.yampuun.aneh sekali yaaa

donny andrian love himself said...

salam ya buat riana. bilang gw punya pengalaman yang sama kayak dia.
sedih banget deh gak bisa ikut pemilu padahal udah persiapan banget. dan udah nentuin pilihan. eh taunya gak ke daftar. sebel!

Kiseki Aoi said...

kalo gak salah contreng tuh basa sunda deh kayanya. iya aneh ih, harusnya kan yg dipake yg menurut KBBI eh malah yg basa daerah, iya ga qb? hihihi :P:P

ChikitaRosemarie said...

pasang video yg versi happy salma jg dong, keren bgt! hehehehe,,

btw, ngikutin quickcount ga? gmn, sesuai dgn yg diharapkan?

Pandu Truhandito said...

a very nice comment about pemilu. Never thought a girl your age could think quite far ahead

2 thumbs up and a heap of applause :)