Tuesday, March 10, 2009

Queen Bee loves to read. Do you?

Setelah long weekend yang diisi dengan nonton JASON MRAZ (!), sekolah udah mulai lagi deh. Hari pertama sekolah diisi dengan omelan Bu Mira. Awalnya cuma buat Vla, tapi lama-lama jadi buat sekelas. :(

Vla baru inget kalo ada PR dari Bu Mira setelah nonton Maliq & D'essentials. Padahal, hari Jumat sebelum kita berangkat ke JHCC, gue udah ingetin... Tetep aja dia lupa. Namanya juga Vla :p Kayaknya dia kecapean abis "diserang" Java Jazz 3 hari berturut-turut. Dia males bikin PR, alhasil dia cuma Google tema tugas summary yang disuruh, klik Wikipedia, dan di-copy paste! Gue kurang setuju sebenernya. Okta juga cuma googling, tapi dia merangkum dari beberapa situs yang variatif. Gue print artikel Wikipedia buat guidelines, trus ngubek buku di ruang kerja bokap untuk dibikin summarynya (kita disuruh bikin summary tentang sistem pemerintahan di Indonesia, cocok banget sama koleksi bokap yang emang interested di politics hehehehe). Karena kecapean, Vla nggak peduli dan insisted kalo Bu Mira nggak akan tau.. Maklum, saking sukanya Bu Mira baca buku, anak-anak berasumsi kalo Bu Mira nggak melek internet, nggak kayak guru-guru lain yang udah punya Facebook semua... :D

Bu Mira ngomel sepanjang 2 jam. Ternyata, Bu Mira sering banget research di Wikipedia buat guidelines, dan mencari bahan-bahan yang dibutuhkan di perpustakaan, toko buku, dan koleksi beliau yang udah ada. Hihihihi gue mirip dong sama Bu Mira? :p Dia juga ngomongin, menurut dia minat baca anak-anak jaman sekarang udah menurun banget. Boro-boro deh dateng ke perpustakaan! Ke toko buku juga palingan nyari stationery. Yang masih mau dibaca mungkin serial Twilight karya Stephenie Meyer.. Tapi, udah jarang banget ada remaja yang mau 'nelen' textbooks yang tebel-tebel! Semuanya karena kita udah disediain fasilitas internet, apalagi ada Google dan Wikipedia.

Google dan Wikipedia memang bagus banget, tapi kalo gue pribadi sih lebih tertarik nyari apa yang gue mau caritau dari textbooks. Agak ribet memang, tapi gue jadi tau banyak hal dan terlatih untuk merangkum tulisan-tulisan panjang ke dalam summary sepanjang 1-2 halaman dengan efektif.

Kalo menurut lo sendiri gimana? Share your thoughts! Perlu nggak sih, kita sebagai remaja, punya minat baca yang tinggi? Kita rugi nggak kalo kerjaannya cuma Googling? Atau malah untung?

Anyway, i want to share my favourite places to lend, buy and/or read books... :)

Koleksi buku lengkap, banyak items selain buku yang creative, artsy and sooo... stylish! Ada coffee shopnya juga dan sering ada gigs di belakang :D (Yang di Citos juga bisa jadi pilihan, bukunya nggak kalah lengkap dan ada banyak pilihan kafe!)

Cafe Amor
Buka 24 jam, dekat dengan Aksara, terserah mau baca buku sampai berapa lama...

Library@Senayan
Buku yang ada di sana variatif. Dari ensiklopedia, bisnis, fisika, novel, graphic books, peta, materi ielts, sampai majalah edisi terbaru. Ada siaran BBC juga, komputer, internet dan hotspot zone. Best of all, all of them are free to use!!

Toko Buku Kwitang
Yang vintage memang selalu menarik, bukan? Siapa tau ketemu Rangga dan Cinta, hahaha..

Kinokuniya Plaza Senayan
Luas, lengkap, dan dekat dengan my favourite caramel machiato... Starbucks Coffee!!

kutukutubuku.com
Belanja buku dan majalah import bisa online...yippee!

Don't forget to add your favourite place to lend, buy and read books!!

PS: Sortir buku-buku lo. Kalo rak itu udah terlalu penuh, atau ada buku jaman SD yang udah gak lo baca, buruan sumbang ke 1001buku.org. Biar jadi sesuatu :)

♥,
QB

31 comments:

Irma Fadhila said...

aku juga suka baca buku :)) i have a lot of books in my house. emg rasanya kea udh lengkap, semuanya udh di internet, tinggal google-it or wikipedia-it aja kan. tp baca di buku slalu menambah wawasan. apalagi lbh jempolan kalo kita baca buku selain bahasa indonesia. penambahan wawasannya jd double deh ;) visit blog ku ya, hihi :-3 danke schön!

mery^^ said...

kalo menurut gw sih google itu menguntungkan kok.. soalnya lebih cepat cari tau sesuatu. hemat waktu. misalnya kita mau nyari berita yang paling baru.. tinggal klik kita sudah bisa baca.. hehehehehhe.. tapi selain keuntungan menurut gw juga ada rugi nya =] rugi nya yah, kita jadi males baca n kita ga tau suatu hal yang menarik didalam sebuah buku.
btw, info u berguna bgt buat nyari buku.. hehehe love your blog so much!

Ferinda said...

I dooo love books and always try to spend some time to read a new one every month :))) iyaa sih internet udah oke banget zaman skrg, tugas apa pun bisa terselesaikan dg cepat dan tepat, tapi tetap aja ada thrill tersendiri pas baca buku apalagi kalo bukunya bener2 keren dan informatif hehehe
I likeee your blog as well!
Kalo ada waktu, datang ke blogku yaaa :)

[rei] said...

kayaknya minat baca gue ketinggian deh sampe- sampe nyokap gue stres sendiri kalo gue beli buku lagi (secara rak buku gue udah mulai ngga muat menampung semua buku gue).
buat gue, dua2nya penting. internet jelas lah lenh efisien dan efektif.capcus dapet apa yg lo mau. tapi kalo buku, lu bisa dapet lebih banyak dari apa yg lu mau ambil. lagian, gue selalu berasa sangat puas aja klo udah bisa meyelesaikan 1 buku... (hmm..what an essay...)haha..

the runway said...

hi dear :)
cool blog!

New collection available! Come and see them through our friendster profile at
The Runway Avenue.
Don't miss it and grab your special on!

http://profiles.friendster.com/therunwayavenue

Cindy said...

Yeph, ngga ada yang bisa menggantikan buku! Even buku elektronik yang bakal keluar (sudah keluar di beberapa negara 'madju'). Buku bisa membawa kita ke dunia yang berbeda, membawa kita untuk bisa melihat dari beberapa point of view, bahkan membawa kita untuk 'merasakan'. Googling helps, yes, it is! Tapi hanya provides hal-hal yang penting aja. Buku cakupannya tentu lebih luas dari googline. ^^~

TARA said...

kalo menurut gw sih baca tuh penting bgt, penga banyak ilmu dari bacaan yg gw baca, pengalaman gw dari kecil suka banget baca sanpai sekarang gw ngerasa dapet banyak bgt ilmu, kalo googling melulu kita jadi males untuk baca, so mulai sekarang banyak baca dan banyak googling, jadi balance he..he...btw kok msh anak sma ya tik????

cacasiianakbaiik said...

penting dong baca buku..
karena membaca itu adalah jendela pengetahuan..
dari buku kita bisa dapet pengalaman dari orang lain, pengetahuan, pkok nyah banyak dhee..
biar kita juga bisa ningkatin pengalaman menulis kita dari baca bukuu..
hidup membaca :)

celotehkupadamu said...

hola tika.
baru baca blog mu nih.. seneng deh bacanya,:D
oia aku sendiri seneng baca, at least tiap hari baca koran biar tau perkembangan yang ada. untuk text book sih ya tertentu aja yang dibaca, hehe, selingin sama novel jg..
intinya banyak baca, emang banyak tau. jangan terpaku sama google dan wikipedia.apalagi wiki kan berasal dari artikel2 pribadi yang bisa diedit2. ya mestinya emang harus bijak penggunaannya, ga ditelen gtu aja..

tx for reading my comment, anyway..
cheers.
chel

michelly said...

hey bee,
books are part of my life :) for me anything quickfix has the different result with the non one. yahh google and wiki boleh aja sih buat jadi reference pertama but again the books will give us more and more information. if the books is in english, surely we increase our vocab! yes, its another advantages and though its in bahasa. plss today's generation punya bahasa indonesia gak ada proper proper form nya. (including me)

Mutia said...

Baca buku buat keluarga aku adalah keharusan, jadi sampe segede ini aku udah terbiasa dengan cara Lama yaitu baca buku ketimbang googling yang pada akhirnya jadi pilihan selanjutnya setelah ngubek2 sopink (pasar kwitang-nya jogja)gak nemu apa yang aku cari.
dari buku ada banyak hal yang bisa kita dapatkan meski dari media lain seperti google dan wikipediapun kita bisa mendapat lebih banyak. tapi,apa yang ada di wikipedia pun saya yakin itu sumber mulanya adalah Baca buku :)
Karena buku pula lah sekarang saya menyumbangkan tenaga,pikiran Dan buku tentunya ;) kepada adik-adik yang tinggal ditengah kepadatan kota jogja dalam sebuah Rumah Baca yang bernama "Rumah Baca Kita" untuk 'menularkan' virus membaca buku agar mereka bisa jauh lebih berwawasan dan tidak tenggelam dalam hegemoni bernama internet dan permainan elektronik (PS,Nintendo dll)
gak muluk-muluk siy,niatnya cuma pengen mereka juga mencintai buku dan pengetahuannya seimbang antara internet dan buku.

Mutia said...

Baca buku buat keluarga aku adalah keharusan, jadi sampe segede ini aku udah terbiasa dengan cara Lama yaitu baca buku ketimbang googling yang pada akhirnya jadi pilihan selanjutnya setelah ngubek2 sopink (pasar kwitang-nya jogja)gak nemu apa yang aku cari.
dari buku ada banyak hal yang bisa kita dapatkan meski dari media lain seperti google dan wikipediapun kita bisa mendapat lebih banyak. tapi,apa yang ada di wikipedia pun saya yakin itu sumber mulanya adalah Baca buku :)
Karena buku pula lah sekarang saya menyumbangkan tenaga,pikiran Dan buku tentunya ;) kepada adik-adik yang tinggal ditengah kepadatan kota jogja dalam sebuah Rumah Baca yang bernama "Rumah Baca Kita" untuk 'menularkan' virus membaca buku agar mereka bisa jauh lebih berwawasan dan tidak tenggelam dalam hegemoni bernama internet dan permainan elektronik (PS,Nintendo dll)
gak muluk-muluk siy,niatnya cuma pengen mereka juga mencintai buku dan pengetahuannya seimbang antara internet dan buku.

taqarrabie said...

lucky for me to be the 13th commentator!

1. RUMAH BUKU HEGARMANAH BANDUNG (theeee best!)

2. gue lupa nama tokonya apa, tapi dia ada di pojokan TIM, di ujung bangetnya GBB yang opposite ujung jalan menuju IKJ (does anyone even understand? what can i say? i am a girl! we're not really good in giving directions you see...heheheh)...pokoknya di situ kakek2 pemiliknya sangatlah baik hati dan helpful. he's really good in discussing literacy also lho!

3. LOVE KWITANG. no further explanations.

4. yang pastilah deket rumah sehingga gue bisa naik sepeda aja biar cepet nyampe...GRAMEDIA DEPOK (yes! i am proud to be a DEPOK-ers)

5. AGAIN! gue ngga tau namanya, tapi si toko ini berada di lantai paling bawah pasar festival, di bagian depan. sebelah warnet.

6. KINOKUNIYA, AKSARA, TIMES...ngga muna, emang oke benar kok. i am the product of western culture fiasco too, you know...

7. last but not least...www.amazon.com...hehehe, anak jaman sekarang emang ngga mau susah...

taqarrabie said...

tambah tambah! tadi ada yang kelupaan...

PASAR BUKU PALASARI!!! TIDAK BOLEH TIDAK DIMASUKKAN DALAM DAFTAR (HIHIHIHIHI)

dimishia said...

dimish loved to read..
bener banget tikaa..jaman sekarang..anak2 mudah kurang banget minat bacanya...hehehe.

boleh tuh tempat2 tongkrongan baca nya..hehee..

t a l i s h a said...

wah, i also love aksara.. klo gag yg d kemang, yg d pacific place jg ok. klo yg d plaza indonesia rda kcil c.. hehe. btw aku link yaahh kak. bru nemu blog ini nihh. hehehe. =D

uthie said...

aku suka keduanya..
baca buku + googling.. soalnya sebagai mahasiswa kedokteran gigi aku tuh dituntut harus nyari banyak sumber buat tugas di kelas tutorial.
apalagi kan buku2 Kedokteran bukunya lebih tebel dr bantal,berbahasa inggris pula..emang sih gabisa dipungkiri males bgt textbook.tp ya lumayan lah buat improve my english.hehe.jadinya kalo nnton gossipgirl/grey's anatomy aku ngerti2ajah deh walopun gada subtitlenya :D

karina said...

i prefer books!
soalnya kalo di internet rada-rada gak tajam ngulas apa yang kita pengen.
Kalo dari buku itu biasanya lebih fokus n lebih terpercaya soalnya biasanya udah melalui proses editing.
But google's rock too!! easy, fast, and you can copy-paste it if you need a quick search.
Just a little of my thoughts :)

Queen Bee said...

@Irma Fadhila
really? mau pinjem dong :p setuju banget sama kamu! okay, i am visiting your blog right now.

Queen Bee said...

@mery
hmmm i see your point! thank you! hope you like it!

Queen Bee said...

@Ferinda
wow, that's a good habit, me too. will do!

Queen Bee said...

@taqarrabie
lucky for you!

I know the bookstore, yang di bawah pasar festival! I've been there when I went to see Emerald Starr, he presented the "An Inconvenient Truth" at PPHUI.

Thanks a lot for the recommendations!!! Mau alamat semuanya :D

ViNa said...

Library di senayan di jalan apa ya? ada juga deket rumah gue di tanjung duren..toko buku bekas yang ditata rapi..disini ada buku apa aja dengan harga murah meriah..majalah2 import cuma 3000 ampe 5000 aja =)..komik, buku2 pelajaran, kamus de el el ..dia bisa beli buku bekas kalo kita mau jual juga lhoo..nama tokonya DELAWAS

ica said...

ya klo menurut aku baca itu penting banget. soalnya dengan baca kita bisa mengetahui banyak hal. walopun sekarang udah ada teknologi internet, tp blom tentu juga data2 yg kita dapat di internet itu bisa di pastikan kebenarannya. karena sekarang orang2 sudah bebas mau upload apa aja di internet dan itu sama sekali gag menutup kemungkinan ada prang iseng yang emang sengaja bikin2 artikel ato sejenisnya secara bebas atau lebih tepatnya ngasal aja.

slacey blackberry said...

i love reading, apalagi buku2 tentang psikologi kayak the secret, inspiring women, andy's corner, en many more. bikin kita termotivasi melakukan 'hal lebih' selain itu bikin kita terinspirasi dr kisah2 yg diceritain. kalo buat novel gw suka yg yg tipe2 chicklite gt. buku pelajaran juga masi sangat menarik buat dibaca, apalagi marketing strategy, scr gw anak ekonomi buku2 kyk gt sangat membantu. dan internet semakin melengkapi itu semua..

Luckty said...

PALASARI mah juaranya soal buku,
anak Bandung klo nyari buku pasti deh ke sini!

oya,
QB...
bntr lg da World Book Day di Jakarta
bulan april nanti
di situ bakal ada ratusan komunitas baca, buku, tulis yang bergabung
buruan ikut....

post said...

buku...buku..buku..... buku itu pacar aku!!! ahaha...

untuk sekarang sih senang banget baca & beli buku di TIMES, karawaci. Berhubung deket rumah, hehe...

Cobalah kesana kawan2... ^^

Paramezwari Sugandi said...

Hmm kalo menurutku sih, informasi di internet sering kurang lengkap, atau malah terlalu banyak dan jadinya rancu... Jadi aku lebih suka buku :) Lagipula, buku lebih sehat untuk mata, hehe.
Bagusnya internet adalah, nggak perlu keluar uang, atau khusus mesti ke perpustakaan.

Pandu Truhandito said...

@Perlu nggak sih, kita sebagai remaja, punya minat baca yang tinggi? Kita rugi nggak kalo kerjaannya cuma Googling? Atau malah untung?

hmm.. agak melenceng sedikit, but I think it's important to say this (secara kerjaan gue jg berhubungan sama search engine): google itu kasi hasil yang, in general, relevant dengan your queries dan emank yang kita mau itu hasil yang relevan secara singkat (namanya juga orang, pengennya cepet). Itu juga bukan berarti kalo orang googling, artinya mereka males baca/males cari info karena banyak kok orang yang pusat belajarnya dari google... kaya... *ehem*gue*ehem* :P

Tapi gue cukup setuju dengan pernyataan lo bahwa minat baca itu udah berkurang banyak di kalangan muda dan memang perlu ditingkatkan. Banyak dari temen2 gue yang males banget baca, padahal mereka maen di bidang IT. Tau aja kalo perkembangan teknologi tu cepet banget dan kalo mereka ga catch up... they're @^#@'ed

good stuff queen, I'm likin your entries :)

Pandu Truhandito said...

@Perlu nggak sih, kita sebagai remaja, punya minat baca yang tinggi? Kita rugi nggak kalo kerjaannya cuma Googling? Atau malah untung?

hmm.. agak melenceng sedikit, but I think it's important to say this (secara kerjaan gue jg berhubungan sama search engine): google itu kasi hasil yang, in general, relevant dengan your queries dan emank yang kita mau itu hasil yang relevan secara singkat (namanya juga orang, pengennya cepet). Itu juga bukan berarti kalo orang googling, artinya mereka males baca/males cari info karena banyak kok orang yang pusat belajarnya dari google... kaya... *ehem*gue*ehem* :P

Tapi gue cukup setuju dengan pernyataan lo bahwa minat baca itu udah berkurang banyak di kalangan muda dan memang perlu ditingkatkan. Banyak dari temen2 gue yang males banget baca, padahal mereka maen di bidang IT. Tau aja kalo perkembangan teknologi tu cepet banget dan kalo mereka ga catch up... they're @^#@'ed

good stuff queen, I'm likin your entries :)

Anonymous said...

aku lebih suka baca buku. bisa tau pandangan berbagai pengarang dg detail XD. googling emng cepet dan efektif tapi kdg bikin qt gag melek buku. terkdg di wikipedia juga gag akurat cz di wikipedia smua bisa nyumbang informasi tanpa tau itu bener ato salah. spertiny begitu. hehehe